Sabtu, 22 Desember 2018


Hot Potatoes adalah sebuah program yang memungkinkan membuat beragam jenis soal. Untuk guru yang ingin membuat beberapa macam bentuk soal bisa menggunakan program ini karena banyak terdapat jenis soal dan mudah dibuat. Program ini dapat didapatkan secara gratis, klik disini




Ada beberapa jenis-jenis soal yaitu :

  • JQuiz, adalah program untuk menyusun materi latihan yang terdiri dari 4 jenis, antara lain: Pilihan ganda, jawaban pendek, short answer, hybrid (kombinasi dari pertanyaan multiple-choice dan short-answer) dan Multi-Select.
  • JMix, yaitu program untuk membuat latihan menyusun kalimat
  • JCross, yaitu program untuk menyusun materi dalam bentuk teka-teki silang • JMatch, yaitu program untuk membuat latihan dengan model menjodohkan.
  • JCloze, yaitu program untuk menyusun latihan dalam bentuk “essai ompong” 
  • The Masher, Program yang didesain untuk memanage beberapa isi latihan/soal dari 5 jenis program diatas dengan mengkompilasi beberapa jenis latihan di Hot Potatoes.

Saya akan me-review aplikasi ini. Selama saya mengakses aplikasi ini, bisa saya dapatkan bahwa :

  1. Aplikasi ini mudah untuk diakses walaupun kalian baru tahu aplikasi ini. Hanya perlu waktu 10 menit untuk mempelajari isinya. ( tidak termasuk Jcloze dan The Masher ya 😂)
  2.  Size aplikasinya kecil, hanya 9 MB.
  3. Aplikasi ini hanya tidak disediakan di semua perangkat, hanya pada PC.
  4. Agar soal yang kita buat bisa dimainkan / diakses oleh orang lain, memerlukan beberapa cara yang menurut saya cukup ribet ( untuk saya, upload ke Google Drive kemudian copy shareable link), tidak bisa diakses langsung begitu saja. 
Untuk hasil soalnya bisa didownload disini

Post a Comment: